Jogja merupakan salah satu kota favorit yang sering dikunjungi saat liburan sekolah dan libur akhir tahun. Tentunya Jogja selalu menyuguhkan berbagai macam wisata yang akan mengisi waktu liburan yang menyenangkan. Selain kebun binatang, taman, atau tempat yang ramah anak lainnya, lokasi wisata anti mainstream di Jogja juga menyuguhkan jelajah sejarah di pusat kota. Banyak tempat di Jogja yang bisa menjadi tujuan wisata.

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal para keluarga Sultan Hamengkubuwono dan para keturunannya.  Dan merupakan salah satu warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO. Berada di tengah kota Jogja. Sangat dekat dengan dengan jalan Malioboro. Para pengunjung bisa memanfaatkan transportisi konvensional seperti becak atau andong.

2. Taman Sari

Sebuah taman air yang dahulunya dibuat untuk para keluarga raja. Disana juga terdapat masjid bawah tanah. Taman Sari dahulu dikelilingi oleh benteng-benteng untuk pertahanan. Letak Taman Sari juga sangat dekat dengan keraton Yogyakarta.

3. Alun-Alun Kidul dan Lor

Pusat hiburan rakyat dahulu kala adalah alun-alun kota. Alun-alun dibuat di ditengah pusat kota suatu wilayah. Untuk Yogyakarta, ada dua alun-alun. Yang paling dekat dengan keraton adalah alun-alun kidul sementara alun-alun lor dekat dengan jalan Malioboro.

4. Jalan Malioboro

Pusat jalan yang paling banyak dikunjungi dan diminati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah jalan Malioboro.menikmati khas kota Jogja, banyak pedagang kaki lima, becak dan andong serta sebuah pasar yang wajib dikunjungi, pasar Beringharjo.

5. Taman Pintar

Wahana edukasi yang diperutukkan untuk anak-anak ini sangat kaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Untuk arena luar taman pintar juga banyak mainan yang bisa dicoba oleh anak-anak usia balita. Ada juga beberapa ketrampilan disana, melukis kaos, gerabah, dan membatik.

6. Museum De Matta dan De Arca

Tempat yang jadi favorit dikunjungi untuk berfoto. Merasakan berfoto dengan hasil gambar seakan dunia menjadi terbalik. Serta berfoto dengan para tokoh dunia. Dengan konsep tiga dimensi ini menghasilakn foto-foto yang unik dan menarik.

7. Wisata Malam Taman Pelangi

Sebuah taman yang penuh hiasan lampu ini berada di pelataran tempat Museum Jogja Kembali. Suasana malam di Jogja bisa dinikmati dengan mengunjungi taman pelangi, ada miniature tugu jogja, wajah para presiden Indonesia serta miniatur lainnya.

8. Tugu Jogja

Ikon kota Jogja yang sangat favorit untuk spot foto. Belum ke Jogja rasanya jika belum berfoto di depan tugu jogja. Biasanya tugu Jogja sangat ramai jika malam hari bahkan hingga tengah malam.

9. The World Landmark Merapi

Miniatur dunia yang ada di tempat wisata ini menjadikan foto yang dihasilkan menjadi lebih menarik.  Yang merupakan salah satu lokasi wisata anti mainstream di Jogja.

10. The Lost Word Castle

Seakan berada di negeri yang hilang. Dengan latar belakang gunung berapi sungguh indah dan luar biasa untuk spot foto terbaik. Sebuah kawasan seperti castle di Eropa dan bangunannya mirip dengan Great Wall atau Tembok Besar di China.

11. Tebing Breksi

Tadinya tebing breksi merupakan kawasan tambang batu breksi. Kemudian diubah menjadi obyek wisata yang sungguh luar biasa. Tentu menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Tebing tinggi dan beberapa ukiran di tebing tersebut.

12. Candi Ratu Boko

Salah satu tempat syuting film AADC 2 ini sangat indah jika dinikmati kala senja. Ketinggian 200mdpl menawarkan pesona pemandangan Jogja dari atas bukit dan sunset yang dilihat dari Ratu Boko

13. Hutan Pinus Mangunan

Kawasan mangunan yang terdapat banyak hutan. Salah satunya adalah hutan pinus mangunan yang asri dan menyejukkan. Menajdi tempat wisata hutan.

Jogja surganya tempat wisata yang menarik dan penuh sejarah. Banyak pilihan lokasi wisata antimainstream di Jogja. Tinggal memilih menikmati mana yang akan dikunjungi.