Teruntuk kamu yang sedang senang-senangnya mendaki gunung. Penting banget nih buat cari info tentang persiapannya, nah disini akan diuraikan persiapan mendaki Semeru. Gunung Semeru sendiri merupakan gunung tertinggi dipulau Jawa, dengan ketinggian 3.676 diatas permukaan laut.dan puncaknya yang bernama Mahameru. Selain terdapat Ranu Kumbolo yang menawan, terdapat pula Ranu Pani dan Ranu Regulo yang bisa dinikmati keindahannya. Berikut 5 tips yang harus anda persiapkan untuk mendaki gunung tersebut:

1. Persiapan fisik

Selain berbekalkan mental dan pengetahun, persiapan mendaki semeru juga sangat membutuhkan kekuatan fisik yang mendukung untuk dapat berolahraga di alam bebas. Lakukanlah latihan olahraga seperti dengan jogging. Jogging dapat membantu dalam melakukan peregangan otot pada tulang kaki. Dan juga melakukan push-up agar peregangan otot pada pundak dapat memudahkan kita pada saat membawa beban pada carier. Sebaiknya anda juga berenang untuk meningkatkan kekuatan pernapasan pada saat berjalan jarak jauh.

2. Registrasi online

Pendaki gunung Semeru diwajibkan melakukan registrasi secara online mulai tangga 1 Oktober 2016 lalu. Registrasi dengan ini cara dilakukan untuk membatas kapasitas maksimum dengan jumlah 300 orang pendaki per hari. di mana dapat melakukan pengecekan kapasitas pendaki sebelum melakukan registrasi di website resmi bromotenggersemeru.org, disarankan minimal seminggu sebelum pendakian registrasi telah dilakukan.

3. Surat kesehatan dan kartu identitas

Untuk melakukan pendakian gunung Semeru anda perlu mempersiapkan surat kesehatan dokter, cukup mengurus surat kesehatan ini dipuskesmas terdekat jika ingin biaya yang lebih murah. Fungsi dari surat kesehatan tentunya untuk memastikan keselamatan perjalanan anda dalam kondisi sedang tidak sakit. Bawalah surat kesehatan asli dan fotocopian serta membawa KTP sebagai identitas pendakian. Jika  naik gunung bersama tim anda, hanya satu KTP yang dijadikan jaminan semasa melakukan pendakian.

4. Siapkan peralatan

Peralatan merupakan persiapan mendaki Semeru yang juga berperan penting, Menurut TNBTS peralatan wajib yang dibawa per orang. Seperti carier, sleeping bag,matras, sepatu, pakaian olahraga, tracking pool, jaket, jas hujan, headlamp dan P3K yang tidak kalah pentingnya. Untuk peralatan yang wajib dibawa perkelompok seperti tenda dan alat masak. Anjuran dalam membawa peralatan tersebut bukan disertai tanpa adanya alasan. Demi keselamatan pendaki yang berolahraga di alam bebas sebaiknya membawa peralatan pendakian yang sesuai dan yang telah dianjurkan.

5. Transportasi

Menggunakan kendaraan pribadi di jalanan yang curam sangat tidak disarankan. Untuk yang memiliki opsi naik kereta dari kotanya masing-masing anda bisa mengecek tarifnya di PT KAI. Turun di stasiun malang kota dan mencari angkutan menuju terminal Arjosari. Jika tidak ingin ribet naik kendaraan dua kali anda bisa memilih opsi naik bis.

Lalu di terminal Arjosari ada dua pilihan opsi kendaraan menuju pasar tumpang yang pertama adalah angkutan umum dengan tarif 10.000 per orang. Dan yang kedua carter mobil yang tentu harganya lebih mahal dibanding angkutan umum. Setelah turun di pasar tumpang anda bisa memilih untuk naik truk atau jeep. Jadi bisa menyesuaikan opsi dengan ketersediaan budget yang ada. Tentunya hal tersebut tidak terlalu memusingkan bukan, apa lagi harga pembayaran trasnportasi terbilang murah dan terjangkau.

Nah sudah ada gambaran kan apa saja Persiapan mendaki semeru yang mesti diperhatikan. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan untuk menanjak gunung. Perlu diketahui bekal pengetahuan akan alam juga berpotensi dalam keselamatan pendaki. Dan jangan lupa membawa turun kembali sampah bekas makanan yang digunakan pergunakan, salam lestari.