Banyak yang menikmati liburan dengan bepergian jauh dalam beberapa hari misalnya Travelling ke gunung, pantai, atau jalan-jalan ke tempat yang mengasyikkan di kota-kota tertentu. Tentunya membutuhkan banyak tas untuk membawa beberapa pakaian dan beberapa barang kebutuhan lainnya. Banyak yang membawa tas jinjing yang begitu banyak jika ingin bepergian 5 hari atau bahkan sampai satu minggu. Maka dari itu berikut artikel tentang tips packing ringan ala traveler.

1. Pilih Tas yang Bervolume dan Berbahan Duffel

Jika kamu hendak bepergian ke daerah yang rawan hujan seperti gunung misalanya hendaknya memilih tas yang berbahan dufel seperti tas carier. Carier adalah tas yang bervolume dan memiliki banyak spasi di dalamnya sehingga muatan barangnya juga banyak. Selain itu jika hujan pakaian yang didalam carier akam aman dikarenakan bahan duffel yang tentunya anti air jadi tidak perlu khawatir lagi jika ingin traveling walaupun lagi musim hujan.

2. Menentukan Pakaian yang Akan Digunakan Tiap Harinya

Salah satu yang membuat orang-orang kesusahan dalam perjalanan yakni barang bawaan yang begitu banyak. Maka dari itu menentukan pakaian apa yang ingin digunakan setiap harinya adalah hal yang penting. Sebaiknya pilihlah pakaian dengan warna yang senada sehingga bisa cocok di beberapa outfit dan tentu saja lebih mudah dipadu padankan. Pilihlah pakaian yang nyaman digunakan dan tentu saja sesuai dengan tempat yang dikunjungi. Ada baiknya memilih baju yang tidak mudah kusut dan tidak perlu disetrika sehingga memudahkan nantinya.

3. Pakaian Untuk Setiap Momen

Bepergian jauh dan memakan waktu lama tentunya mau tidak mau harus mencuci pakaian. Maka dari itu sebaiknya membawa 3 set pakaian untuk setiap momennya. Contohnya membawa setelan baju renang. Satu bisa digunakan pada hari itu, kemudian besoknya bisa dicuci dan tentunya masih ada stock baju yang serupa. Jangan khawatir jika pakaian nya lama kering karena tentunya masih ada setelan yang tersisa.

4. Pilihlah Alas Kaki Sesuai Kebutuhan

Dalam bepergian jauh membawa alas kaki yang banyak akan makin menambah berat barang bawaan. Selain itu bentuknya yang beranekaragam membuat susah untuk dirapikan. Maka dari itu ketika hendak bepergian hendaknya meminimalisir alas kaki yang dibawah. Contohnya membawa sepatu 1 dan sendal 1 dan ruang didalam sepatu bisa digunakan untung menyimpan kaos kaki.

5. Teknik Gulung Dalam Melipat Pakaian

Tips Packing ringan ala traveler selanjutnya adalah memilih metode melipat yang benar. Salah satu metode yang praktis untuk menghemat ruang dalam tas yakni menggunakan tekhnik melipat pakaian dengan cara di gulung. Melipat pakaian dengan tekhnik ini akan mengurangi dimensi pakaian menjadi lebih kecil dan tentunya praktis. Selain itu tekhnik  ini bisa mempermudah dalam menyusun pakaian didalam tas.

6. Manfaatkan Semua Ruang Kecil Dalam Tas

Setelah memasukkan beberapa pakaian dan juga alas kaki tentunya masih ada beberapa ruang kecil yang tersisa. Nah hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengisi perlengkapan ataupun artikel pakaian yang kecil seperti jilbab, dasi, pakaian dalam dan lain sebagainya. Jangan lupa letakkan sabuk atau ikat pinggang memanjang didalam tas atau koper.

7. Gunakan Vacum Bag

Menggunakan vacum bag adalah salah satu cara yang simpel dan juga rapi. Pertama masukkan pakaian yang telah dilipat ke kantong atau plastik vacum yang kemudian dihisap habis udaranya. Tentu saja hasil yang didapatkan kantung pakaian akan kempis atau pun menjadi gepeng.

8. Cek List Barang yang Akan Dibawa Sebelum Tas atau Koper di Segel

Setelah memasukkan barang-barang bawaan dan berbagai perlengkapan lainnya. Jangan lupa untuk mengecek barang apa saja yang telah berada dalam koper atau tas, jangan sampai ada barang yang terlupakan. Hendaknya membuat list barang untuk lebih mempermudah dalam mengecek barang-barang.
Itulah tadi Tips packing ala traveler yang wajib dicoba apalagi untuk yang sering bepergian jauh dan dalam waktu yang lama. Jadi tidak perlu lagi bingung atau pun kerepotan dalam hal packing karena semua bisa muat didalam satu tas. Asalkan mengikuti instruksi atau tips-tips diatas.